MUSRENBANG RKPD 2012

Hari Kamis 15 Maret 2012 saya membuka forum Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) di Ruang Utama Atas Balaikota. Forum ini merupakan musyawarah antara para pemangku kepentingan untuk membahas RPJMD.

 

Tuntutan masyarakat terhadap tata kelola pemerintahan yang baik tercermin dari begitu banyak dan derasnya aspirasi masyarakat, sehingga pemerintah harus memegang teguh prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik. Tingkat kritisi dan kebutuhan masyarakat semakin variatif dan menuntut adanya prioritas pelayanan dan perencanaan yang baik. Musrenbang tingkat kota merupakan media untuk menyelaraskan aspek-aspek perencanaan politis, teknokratis, partisipatif dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas, yang mempunyai kedudukan dan fungsi strategis dalam mengoptimalkan pembangunan dengan sasaran pokok untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Sesuai dengan visi misi pembangunan Kota Yogyakarta tahun 2012-2016 yaitu ”Terwujudnya Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan Berkualitas, berkarakter dan inklusif, pariwisata berbasis budaya, dan pusat pelayanan jasa yang berwawasan lingkungan dan ekonomi kerakyatan”, maka dalam mewujudkannya ditempuh melalui 4 visi pembangunan yaitu :

  1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, memperkuat tata kelola pemerintahan Kota Yogyakarta yang baik, bersih, berkeadilan, demokratis, dan berlandaskan hukum.
  2. Mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, dengan memperkuat Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan yang berkualitas, berkarakter, dan inklusif. Mewujudkan Kota Yogyakarta sehat, memperkuat pembangunan sarana dan prasarana yang berkualitas dan aksesibel bagi seluruh warga Yogyakarta termasuk warga yang mempunyai perbedaan kemampuan (difabel).
  3. Mewujudkan pemberdayaan masyarakat dengan gerakan Segoro Amarto, dengan memperkuat masyarakat Kota Yogyakarta yang toleran, inklusif, bermoral, beretika, beradab dan berbudaya.
  4. Mewujudkan daya saing daerah yang kuat, dengan memperkuat dan mengembangkan keterpaduan Kota Yogyakarta sebagai kota pariwisata, kota budaya dan kota perjuangan. Memperkuat daya saing kota Yogyakarta yang unggul dalam pelayanan jasa. Memperkuat Kota Yogyakarta yang nyaman dan ramah lingkungan.

 

Pembangunan Kota Yogyakarta tahun 2013 akan mengacu pada tema, ”Penguatan Pelayanan Dasar Dan Potensi Wilayah Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahtaeraan Masyarakat”.

 

Dalam tema tersebut dikandung makna bahwa seluruh upaya pembangunan akhirnya bermuara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik melalui pendekatan sektoral maupun pendekatan kewilayahan. Pendekatan kewilayahan merupakan kebaruan dalam kerangka perencanaan pembangunan kedepan, untuk lebih menjamin terwujudnya kebutuhan masyarakat.

Sasaran program kegiatan memprioritaskan keadilan gender pada lima kelompok yaitu : anak-anak, lanjut usia, perempuan, penduduk miskin dan difabel.

 

Musrenbang merupakan wahana penajaman program pembangunan sekaligus menjadi forum untuk merumuskan sasaran dan program pembangunan agar mencapai hasil yang lebih baik. Musrenbang sangat penting untuk perencanaan daerah ke depan, karena di dalam musrenbang dilakukan proses untuk merumuskan gagasan-gagasan terbaik yang ingin kita wujudkan dalam kehidupan di masa yang akan datang. Semua itu dikandung maksud agar arah perjalanan pembangunan daerah ke depan tidak keluar dari outline rencana pembangunan yang telah ditetapkan.

 

Saya berharap penyelenggaraan musrenbang ini dapat berjalan dinamis dan hasilnya lebih aspiratif, usulan juga mempunyai target yang jelas. Bagi jajaran aparat Pemkot Yogyakarta agar dapat mengakomodir usulan kegiatan yang disampaikan para pemangku kepentingan dalam Musrenbang ini, namun tetap dengan memperhatikan skala prioritas dan memperhitungkan seumber daya yang tersedia. Melakukan penelaahan secara mendalam dalam menyusun rencana pembangunan satu tahun ke depan, dan jangan lupa terus melakukan inovasi-inovasi, kebaruan-kebaruan, ide-ide cerdas dalam berbagai hal, namun semuanya itu tetap dalam koridor tatakelola pemerintahan yang baik.

 

Saya ucapkan terimakasih atas ide, pemikiran dan gagasan yang disampaikan oleh para pemangku kepentingan yang sangat diperlukan sebagai masukan bagi penyempurnaan dokumen perencanaan dan penentuan prioritas pembangunan. Dengan demikian dokumen perencanaan yang akan dihasilkan nanti benar-benar dapat mencakup lima aspek dalam seluruh rangkaian perencanaan yaitu : politik, teknokratik, partisipasi, atas ke bawah dan bawah ke atas.

 

Harapan saya forum musrenbang kali ini dapat menjadi momentum yang benar-benar berharga dalam merencanakan program pembangunan sebagai manifestasi aspirasi masyarakat.

 

Semoga Allah SWT memberikan jalan kemudahan bagi upaya yang mulia ini.

 

Salam.

Haryadi Suyuti

 

 

Musrenbang RKPD merupakan dokumen Pemerintah Kota Yogyakarta yang di dalamnya memuat program/kegiatan . RKPD ini digunakan untuk memberi masukan bagi penyusunan kebijakan umum APBD yang akan disepakati bersama dengan DPRD. Fungsi pokoknya sebagai :

  1. Acuan bagi semua SKPD dalam menjabarkan seluruh kebijakan publik.
  2. Pedoman dalam penyusunan APBD sesuai dengan arah kebijakan pembangunan sebagai penjabaran RPJMD.
  3. Jaminan kepastian kebijakan sebagai wujud nyata komitmen pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan.

Musrenbang RKPD bertujuan untuk mempertajam arah kebijakan pembangunan tahunan daerah dan mewadahi aspirasi masyarakat yang telah disampaikan dalam musrenbang kelurahan maupun kecamatan serta menyelaraskan dengan arah kebijakan pembangunan nasional/provinsi.

 

 

Pencarian

Galeri

Link