PENCANANGAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI

 

Pemerintah Kota Yogyakarta telah mencanangkan sebagai Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi pada 12 Juli 2012. Komitmen ini adalah kebanggaan sekaligus tantangan bagi kita semua dalam melaksanakan tugas pemerintahan agar benar-benar terwujud good and clean government. Mengingat kita harus terus berbenah diri di tengah arus perubahan sosial masyarakat yang terus berkembang. Meningkatnya kebutuhan dan tuntutan masyarakat harus direspon secara cepat, tepat dan berkesinambungan melalui kebijakan yang reformatif pata tataran system dan aparatur birokrasinya.

 

Zona Integritas (ZI) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu kementrian/lembaga/provinsi/kabupaten/kota yang pimpinannya dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani.

Sedangkan Wilayah Bebas Korupsi (WBM) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja pada Zona Integritas yang memenuhi syarat indicator mutlak dan memperoleh hasil penilaian indicator operasional diantara 80 dan 90.

Kemudian atribusi terbaik adalah Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja pada ZI yang memenuhi syarat indicator mutlak dan memperoleh hasil penilaian indokator operasional 90 atau lebih.

 

Pada pencanangan tersebut telah disampaikan piagam penghargaan kepada 5 SKPD terpilih yaitu : Dinas Perijinan, Kantor Pengelolaan Taman Pintar, RSUD, Kecamatan Kotagede, dan Kecamatan Danurejan yang dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya telah mendekat indicator-indikator zona integritas.

 

Untuk itu saya mengharapkan kepada 5 SKPD tersebut untuk memaknai prestasi ini dengan meningkatkan kembali kualitas pelayanannya dan dapat menjadi contoh bagi SKPD-SKPD lainnya untuk menjadi zona integritas berikutnya.

 

Pencanangan zona integritas bagi perbaikan pelayanan public yang digagas olehKPKRImerupakan upaya yang menarik untuk diimplementasikan. Ketujuh implementasi zona integritas yang berupa pakta integritas, adanya kode etik, sosialisasi, pelaporan kekayaan, pengendalian gratifikasi, pengaduan masyarakat dan kerahasiaan pelapor, serta investigasi dan revitalisasi pada dasarnya beberapa telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dan masih terus diperjuangkan.

 

Di lingkungan Pemkot Yogyakarta telah terbentuk FORKOMPANDA (Forum Pendayagunaan Aparatur Negara Daerah) yang merupakan forum strategis untuk mempercepat daerah bebas dari korupsi. Mensosialisasikan zona integritas ke wilayah masing-masing bahwa zona integritas akan memberikan pencerahan dan panduan arah bagi perubahan nyata birokrasi menjadi lebih baik. Melalui Forkompanda marilah bersama-sama menjadi aparatur Negara yang bekerja lebih profesional, netral dan mandiri. Aparatur negara yang mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi-inovasi serta berdaya guna dan berhasil guna.

 Salam Jogja

Haryadi Suyuti

 

Pencarian

Galeri

Link