RAPAT KERJA PEMERINTAH (RKP) 2013

Pada pada Senin (28/1/2013) saya menghadiri Rapat Kerja Pemerintah (RKP) 2013 dengan mengambil tema “Indonesia Bisa Lebih Baik Lagi” bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. RKP yang dimpimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono ini, Presiden banyak memberikan pengarahan kepada jajaran pemerintah.

Presiden mengatakan, meski 2013-2014 dapat dijadikan sebagai tahun politik karena menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Presiden, namun pejabat negara tidak mengabaikan tugas pokok menjalankan program meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Tahun 2013 dan 2014 adalah tahun-tahun yang khas dan khusus. Semua mengetahui ini adalah tahun politik dan pemilu, sebagian dari kita memiliki dua misi, ada misi negara dan misi politik.

Presiden banyak berpesan untuk utamakan tugas negara dan pemerintahan. Atur waktu dengan baik, tetaplah bekerja dengan penuh serta pandai mengatur waktu, utamakan dengan tugas melayani rakyat, terutama pada Bupati dan Walikota yang berhadapan dengan masyarakat luas.

Selain saya yang hadir mewakili Pemerintah Kota Yogyakarta, hadir pula semua kepala daerah Bupati dan Walikota dari seluruh Indonesia. Tugas yang kita emban tidaklah mudah, namun akan mudah jika kita bekerja dengan hati, dan menganggap pekerjaan kita sebagai ibadah, dan bukan untuk dilayani tetapi untuk melayani.

Petunjuk dari Presiden pada saat RKP akan langsung ditindaklanjuti dengan melakukan pembenahan di internal Pemerintah Kota Yogyakarta. Apa yang disampaikan Presiden harus segera kita laksanakan, saya mengajak seluruh pegawai Pemkot Yogyakarta untuk meningkatkan pelayanan, meningkatkan kinerja, dan jangan terjun ke politik praktis.

Di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta sendiri, kita juga secara rutin menggelar Rapat Dinas Pemkot Yogyakarta (RDP), yang dipimpin oleh Walikota Yogyakarta sebagai upaya koordinasi demi meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Yogyakarta.

Saya teringat kata-kata mantan Presiden Amerika Serikat ke-35 John F. Kennedy, “ ask not what your country can do for you, but ask what you can do for your country”, yang berarti janganlah bertanya apa yang negara bisa berikan kepada kamu, tetapi bertanyalah apa yang bisa kamu berikan kepada negara. Kata-kata itulah yang harus kita jadikan motivasi untuk melayani, bukan sebaliknya....

Salam hangat

Haryadi Suyuti

 

Pencarian

Galeri

Link