Night At Library

Sekitar 2 minggu yang lalu ada peristiwa yang menarik di Kota Yogyakarta, ditengah-tengah aktifitas sebagai Walikota, saya tidak lupa untuk menuliskan peristiwa penting tersebut, sebab ini adalah terobosan, dan Kota Jogja bisa dibilang sebagai perintisnya

“Luar Biasa….” adalah kata pertama yang terucap ketika pertama kali saya mendengar Bu Sri ‘Ntik’ Adiyanti mengutarakan gagasan untuk membuka layanan Perpustakaan pada malam hari beberapa waktu yang lalu sebelum acara launching. Bagi saya ini adalah terobosan yang spektakuler, dan Kota Jogja dapat menjadi pelopor layanan Pepustakaan malam hari. Dimana biasanya Perpustakaan hanya buka sampai sore, maka sejak acara launching kemarin tanggal 14 Maret 2013, Perpustakaan Kota Yogyakarta membuka pelayanan hingga jam 8 malam. Nama program yang diusung juga bisa dibilang keren : Jogja Night Reading.

Sejenak saya teringat aktor Ben Stiller dalam film Night At The Museum, dimana dalam film tersebut diceritakan bahwa suasana museum pada malam hari menjadi hidup, semua isi yang ada di museum menjadi hidup dan bergerak, yang hal ini tidak akan ditemui pada siang hari. Hanya bedanya jika yang dialami Ben Stiller adalah kehidupan malam museum di malam hari, maka saya berharap masyarakat Kota Jogja bisa mengalami Night At The Library melalui kegiatan Jogja Night Reading di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Jogjakarta.

Saat memberikan sambutan saya menyampaikan bahwa dengan adanya Jogja Night Reading saya optimis kebutuhan masyarakat untuk layanan perpustakaan khususnya di malam hari dapat terpenuhi sehingga aktifitas di Perpustakaan Kota Yogyakarta tetap dapat berjakan dan dapat melayani masyarakat.

Saya optimis dengan dibukanya pelayanan hingga malam hari oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta akan ikut mendukung dan menghidupkan kembali program Jam Belajar Masyarakat yang dahulu pernah dicetuskan oleh Drs. Wasis Siswanto dari Kelurahan Karangwaru tahun 1980. Dimana program Jam Belajar Masyarakat sangat perlu untuk mengembalikan semangat belajar di kalangan anak-anak.

 

Salam Hangat

 

Haryadi Suyuti

 

 

Pencarian

Galeri

Link