MUSRENBANG RPJMD 2011-2016

Saya dan Pak Imam selaku pengemban amanah Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta 2011-2016 berkwajiban menyusun rencana pembangunan untuk jangka waktu lima tahun ke depan. Hal ini diwadai dalam Musrenbang RPJMD (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2012-2016.

Musrenbang RPJMD merupakan forum musyawarah antara para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati rancangan RPJMD sebagai wadah perencanaan partisipatif, diilaksanakan paling lama 2 bulan setelah saya dan Pak Imam dilantik.

Musrenbang RPJMD ini telah dilakukan di Ruang Utama Atas Balaikota pada Kamis (2/2) lalu dihadiri pimpinan DPRD, Bappeda Propinsi DIY, Sekretaris Daerah dan asisten, SKPD, asosiasi LPMK, PKK,LSM, perguruan tinggi dan tokoh masyarakat. Dalam proses penyusunan ini saya sangat berterimakasih bahwasanya perencanaan pembangunan Kota Yogyakarta telah disusun berdasarkan prinsip-prinsip kebersamaan, keadilan dan berwawasan lingkungan, serta arah pembangunan yang komprehensif dan menyeluruh kebutuhan seluruh lapisan masyarakat.

Musrenbang RPJMD Kota Yogyakarta tahun 2012 ini dilaksanakan salah satunya untuk memenuhi amanat Undang-undang No. 25 tahun 2004. Komitmen Pemkot Yogyakarta terhadap penyusunan dokumen perencanaan yang baik mengacu pada Perda no. 6 Tahun 2006 tentang Tata Cara Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan daerah.

Kenapa Musrenbang ini perlu dilakukan, beberapa tujuannya adalah untuk menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan antar kelurahan, kecamatan dan kota. Kedua untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan. Dan yang ketiga adalah untuk mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Dalam pembahasan musrenbang ini dirumuskan RPJMD yang benar-benar bisa menampung aspirasi dari berbagai stakeholder dan juga bisa diimplementasikan dengan biak dimasyarakat, selain itu hasilnya juga harus bisa terukur dari waktu ke waktu, sehingga rumusan yang dihasilkan bukan sekedar cita-cita di awang-awang.

Partisipasi dari semua pihak agar pelaksanaan pembangunan ke depan mampu berkorelasi positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Saya harapkan nanti setiap semester capaian-capaian pembangunan di Kota Jogja bisa disampaikan ke masyarakat melalui media, sehingga akuntabilitasnya jelas.

Sebuah rencana pembangunan itu didasarkan pada sebuah proses yaitu musyawarah. Dan Musrenbang kali ini agak khusus karena menyangkut amanah saya dan Pak Imam sebagai kepala pelayan dan wakil kepala pelayan masyarakat yang baru.


RPJMD ini kami dasarkan pada komitmen kami saat kampanye bahwa pembangunan adalah untuk rakyat, ini menjadi acuan kita sehingga saya harapkan semua program pada lintas SKPD bisa berorientasi pada rakyat yaitu pengurangan kemiskinan dan pengurangan pengangguran.

Sejalan dengan visi pembangunan Kota Yogyakarta 2012-2016 adalah terwujudnya Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan Berkualitas, berkarakter dan inklusif, Pariwisata berbasis budaya dan Pusat pelayanan jasa yang berwawasan lingkungan dan ekonomi kerakyatan.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara perputaran ekonomi yang merata sehingga rakyat sejahtera tidak hanya ekonominya tetapi juga kesehatannya. Ada aspek-aspek program untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran, infrastruktur pembangunan dikerahkan agar kemiskinan menjadi prioritas dengan melakukan konstruksi sosial di masyarakat.

Saat ini jaminan kesehatan telah mengcover lebih dari 20% jumlah penduduk, geliat ekonomi Jogja masih bertumpu pada pendidikan dan pariwisata yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat miskin.

Hasil Musrenbang RPJMD ini adalah berupa kesepakatan antara pemangku kepentingan yang dituangkan dalam bentuk berita acara tentang : sasaran pembangunan jangka menengah daerah, strategi dan sinkronisasi arah kebijakan pembangunan jangka menengah daerah dengan pendekatan atas-bawah dan bawah-atas sesuai dengan kewenangan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Selain itu juga kebijakan umum dan program pembangunan jangka menengah daerah dengan visi, misi dan program walikota dan wakil walikota, serta indikasi rencana program prioritas pembangunan jangka menengah daerah yang disesuaikan dengan kemampuan pendanaan, dan capaian kinerja daerah.

Bismillahirrohmannirrohiim, semoga Musrenbang RPJMD ini mampu membawa pencerahan bagi kita semua dan mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kota Jogja.

Salam
HS

 

Pencarian

Galeri

Link