PENGUKUHAN KEPENGURUSAN ASOSIASI PERUSAHAN JASA BOGA INDONESIA (APJI) KOTA YOGYAKARTA

Sungguh bahagia dan bersyukur bahwa pada hari Selasa siang kemarin 22 April 2014, saya dapat bersilaturahmi untuk bersama-sama menjadi saksi telah dikukuhkannya kepengurusan baru Dewan Pimpinan Kota Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia Kota Yogyakarta periode 2014-2018.

Industri jasa boga memiliki prospek yang cerah sebab selama orang masih membutuhkan pangan untuk kelangsungan hidupnya, maka kesempatan untuk membuka usaha bidang boga masih sangat luas.

Industri yang bergerak dalam pengolahan dan penyajian makanan siap santap yang dikenal sebagai industri jasa boga atau katering telah berkembang pesat pada saat ini. Menjamurnya usaha industri jasa boga terjadi karena kebutuhan akan makanan dalam jumlah banyak, disamping dengan adanya jasa boga akan memudahkan kita dalam memilih menu makanan, sehingga kita tidak direpotkan menghabiskan waktu terlalu lama untuk mempersiapkan makanan yang kita sajikan.

Industri jasa boga merupakan integrasi dari banyak sektor, seperti pertanian/ agrikultur yang menghasilkan bahan makanan, sektor jasa pengolahan makanan, sektor transportasi dan industri manufaktur yang menghasilkan peralatan.

Industri jasa boga bukan sekedar kegiatan memasak dan menyajikan makanan, melainkan dapat menjadi sebuah mega bisnis jika kita tekuni, memilki strategi pemasaran yang bagus dan selalu berinovasi mengikuti trend pasar yang sedang berlaku....

Kita patut bersukur bahwa dengan eksistensi APJI sejak tahun 1996, saya berharap mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, salah satunya mendukung dunia kepariwisataan yang mana salah satu aspek yang menjadi daya tarik Kota Yogyakarta sebagai Kota Pariwisata Berbasis Budaya adalah sajian kuliner, aneka jenis makanan dan minuman khas yang sangat menggugah selera dan sayang jika dilewatkan.

Sebab para wisatawan bisa menahan diri untuk tidak membeli pakaian atau jenis sandang lainnya tetapi tidak ada wisatawan yang dapat menahan untuk mencicipi makanan dan miunuman. Di samping itu pula industri makanan dan minuman ini juga banyak dikonsumsi atau dibeli untuk kenangan sebagai oleh-oleh dan buah tangan menandakan telah melakukan wisata.

Dan sudah merupakan sebuah kewajiban bagi industri jasa boga untuk senantiasa memperhatikan betul pengelolaan makanan yang baik dan memenuhi persyaratan kesehatan, sehingga setiap makanan yang kita konsumsi tidak memberikan efek negatif bagi kesehatan masyarakat.

Saya berpesan agar dengan keberadaan APJI mampu memenuhi kebutuhan jasa catering masyarakat Kota Yogyakarta, dapat memberdayakan dan memajukan peluang usaha masyarakat, yang pada gilirannya mampu mengembangkan UMKM di Kota Yogyakarta.

 

Salam Hangat

 

Haryadi Suyuti

 

Pencarian

Galeri

Link